SNMPTN 2008

SPMB dan UMPTN Tak Jauh Beda, Non Reguler Diganti Kelas Mandiri

 

Sabtu, 15 Maret 2008

Padang, Padek– Tahun ajaran 2008/2009 ini Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (Unand) akan kembali menerima mahasiswa baru. Kendatipun sampai saat ini belum ada keputusan tentang pelaksanaan tes masuk PTN, Pembantu Rektor I Unand, Novesar Jamarun yakin bahwa model tes masuk PTN seperti SPMB akan tetap ada. Disebutkan, sebenarnya pemahaman masyarakat tentang pemakaian sistem UMPTN menggantikan SPMB yang di usung oleh 41 PTN, keliru.

 ”Mereka bukan menginginkan tes sendiri-sendiri,” kata Novesar ketika ditemui di ruangannya kemarin. Menurutnya pelaksanaan tes PTN tetap terpusat. Siswa Sumbar yang ingin masuk PTN lain cukup tes di Sumbar, tidak perlu pergi ke tempat PTN itu berada. “Sistem pelaksanaan UMPTN sama saja dengan SPMB, tidak ada perbedaan. Yang berbeda hanyalah mekanisme pengelolaan,” terang Novesar.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UNP, Ahmad Hamdani. Ia mengatakan pelajar-pelajar yang akan mengikuti tes PTN tidak usah cemas. Karena kebijakan yang akan dibuat oleh pelaksana tes masuk PTN di daerah Sumbar yaitu UNP dan Unand akan tetap satu suara.  Daya tampung mahasiwa baru UNP unutk tahun ajaran 2008/2009 ini berjumlah 3.285 orang. Dengan perincian 775 orang lewat jalur Penelusuran Minat dan Keterampilan (PMDK), 1.887 melalui seleksi bersama PTN, 260 lewat jalur prestasi, dan 363 melalui seleksi UNP.

“Pada tahun ini hanya membuka program satu buah program studi (prodi) baru yang dikutkan dalam seleksi bersama PTN yaitu, D-3 Statistika pada Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sebenarnya prodi ini telah dibuka pada tahun ajaran lalu, tetapi hanya melalui seleksi UNP,” kata Ahmad Hamdani di ruangannya kemarin. Sementara itu Unand pada tahun ini memiliki daya tampung sebanyak 5.035 orang. Dengan perinciannya, 2.527 melalui ujian bersama PTN, 689 lewat PMDK, 1.412 masuk jalur kelas mandiri, serta 407 orang lewat seleksi sendiri.

“Jadi pada tahun ajaran ini, Unand tidak lagi memiliki kelas non reguler. Tetapi diganti dengan kelas mandiri. Pada kelas mandiri, perlakuan yang diberikan sama dengan kelas reguler, bedanya hanya dari segi pembiayaan,” ucap Novesar. Sama seperti UNP, Unand pun pada tahun ajaran ini tidak banyak membuka prodi baru. Satu buah prodi baru yang akan diiukutsertakan dalam seleksi bersama PTN adalah S-1 Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip). “Cuma rencananya pada tahun ini kami (Unand) akan membuka Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Tapi tes masuknya nya terpisah, doa kan ya,” pungkas Novesar. (pl6)

dikutip dari: http://www.padangekspres.co.id/content/view/642/1/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s