Sigma FM jadi Radio Rang Padang?


Oleh: Havid Ardi, S.Pd

(ukkpkunp.wordpress.com) Radio Kampus bukanlah sebuah fenomena baru di Indonesia. Namun keberadaannya masih antara ada dan tiada. Namun di beberapa kota, keberadaan radio kampus sudah menjadi bagian dari hingar-bingar dunia penyiaran yang khusus diisi oleh kalangan akademisi.

Radio kampus tidak sama dengan radio swasta. Radio kampus lebih bertujuan untuk mendidik dan mencerdaskan masyarakat umumnya. Tapi perizinan radio kampus masih sering terkendala sayangnya.

Di Palembang B Radio 109,7 FM sebagai radio kampus milik Universitas Bina Dharma telah go public ke masyarakat dan ini juga merupakan misi dari Rektor menjadikan radio kampus sebagai sarana untuk membumikan kampusnya ke masyarakat. 

Sementara ITB dengan Radio Kampus ITB 107,7 FM juga telah membumi diantara bejibun radio di Bandung. Mereka juga mengadakan kegiatan off air untuk pengembangan SDM dan mahasiswa yang tertarik dengan dunia penyiaran (termasuk pertelevisian). Untuk lebih lengkap silahkan baca Kongres Nasional Radio Kampus Indonesia I (http://www.itb.ac.id/news/56.xhtml).

Untuk mencapai hal tersebut, tentunya Radio Sigma FM sebagai radio milik kampus Universitas Negeri Padang harus berbenah. Pembenahan ini mulai dari pembuatan program acara yang benar-benar mencerminkan sebagai radio dari kaum intelektual. Kemudian menyelesaikan perizinan yang masih terkatung-katung sejak tahun 2000.

Hal ini tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan dana dan pengorbanan yang besar. Oleh karena itu, Radio Kampus bukan hanya tanggung jawab mahasiswa semata, pihak birokrat kampus, Pembantu Rektor III dan semua elemen UKKPK UNP. Kita tunggu gebrakan Pak Rektor, Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd dan PR III Drs. Alizamar, M.Pd., Kons.

3 Komentar

Filed under Penyiaran

3 responses to “Sigma FM jadi Radio Rang Padang?

  1. tul,… kapn nih sigma bakal maju,… ayo bangkit,.

  2. cho elo 98

    teruslah berkarya dan ber-eksplorasi!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s