Organisasi? Harus itu!


Teringat salah satu iklan yang menekankan kata “Harus itu”, sepertinya tidak berlebihan mengatakan bahwa organisasi pun harus itu bagi mahasiswa. Walaupun bukan wajib ya.

Yah boleh dikatakan pertama kali saya diterima bekerja di salah satu hotel bintang 4 terkenal di Kota Padang karena bekal organisasi, ya UKKPK UNP ini.  Salah satu yang mengantarkan saya ke dunia kerja ya ini. Kejadiannya mungkin sederhana tapi berkesan dalam untuk mengajarkan kepada saya bahwa organisasi penting.

Saat itu, Sabtu, Setelah melaksanakan PL, tiba-tiba saya dipanggil untuk wawancara oleh HRD hotel tersebut. Sebelumnya saya tidak pernah mengirimkan lamaran lho. Nah dalam wawancara salah satu pertanyaan yang dia ajukan, “Apakah saudara aktif berorganisasi?” Sekilas, mungkin, organisasi tidak ada hubungan dengan dunia hotel. Tapi berikutnya setelah saya jawab saya aktif di Unit Kegiatan Kampus dan juga sebagai ketua, ia terlihat cukup gembira. Ia mengatakan bahwa biasanya orang yang aktif berorganisasi sudah terlatih bekerja dalam tekanan. Jadi tidak kaget lagi dengan dunia kerja. Lebih kurang miniatur dunia kerja.

Wal hasil setelah tanya pengalaman apa saja dalam organisasi, kemampuan berbahasa Inggris dan Komputer, termasuk kemampuan menulis (PR dan Jurnalistik), semua mendukung kalau saya diterima bekerja. Tentunya dengan keuntungan saya berhak menentukan “Saudara ingin gaji berapa?”

Yah setelah itu saya bekerja di sana setelah memasukkan lamaran pada hari Seninnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Artikel Organisasi

Tinggalkan Balasan

